25 Mei 2009

TKI Asal Bojonegoro Tewas di Afrika

Minggu, 24 Mei 2009

Laporan wartawan KOMPAS Adi Sucipto

BOJONEGORO, KOMPAS.com - Warga Gang Masjid Jalan Basuki Rahmad Bojonegoro Jito (38) meninggal setelah terjatuh dari tangki pada proyek minyak dan gas bumi di Kongo Afrika. Adik korban Suwandi (35) Minggu (24/5) menyatakan korban mengalami kecelakaan kerja pada 15 Mei lalu.


Jenazah korban diperkirakan tiba di Bandara Juanda pada 29 Mei mendatang untuk langsung dimakamkan di Bojonegoro. Menurut Suwandi lamanya kedatangan jenazah karena adanya pengurusan administrasi oleh perusahaan jasa Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang memberangkatkan korban ke Afrika.


"Penyebab kematian korban belum diketahui secara rinci namun Suwandi telah menemui pimpinan jasa TKI yang memroses keberangkatan kakaknya. Perusahaan TKI itu menjanjikan pengurusan jenazah sampai ke Bojonegoro sekaligus santunan untuk keluarga korban," kata Suwandi.


Informasi mengenai meninggalnya korban diterima langsung oleh Nunik (35) istri korban melalui telepon oleh rekan kerja korban bernama Sukirno, warga Cepu Kabupaten Blora Jawa Tengah. Korban yang dikaruniai dua anak berangkat kerja sebagai TKI pada 2008 lalu.


Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bojonegoro Maftuh berupaya berkoordinasi dengan Pemkab Bogor. Korban berangkat dari Bogor, sehingga Pemkab Bojonegoro meminta Pemkab Bogor membantu mempercepat kedatangan jenazah ke Bojonegoro.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar