27 Mei 2009

Migrant Care Desak Pengusutan Kasus Trafficking

Republika Newsroom
Rabu, 27 Mei 2009

JAKARTA-- Migrant Care mendesak aparat penegak hukum untuk segera mengusut tuntas pihak-pihak yang terlibat dalam keberangkatan seorang PRT migran asal Dusun Karang Moncol Desa Bojong Kulon Kecamatan Susukan Cirebon yang menjadi salah satu korban sindikat traficking di Timur Tengah yang dikirimkan ke Irak.

Farida Bt Darjito (29 tahun), akan dipulangkan ke Indonesia dengan menggunakan pesawat Qatar Air Ways QR 638, dan tiba di Bandara Soekarno Hatta Jakarta pada Selasa (26/5) pukul 16.45 WIB. Kedatangan Farida disambut oleh keluarga dengan suka cita, terutama oleh suaminya Rokhbiat (34 tahun) yang menjemput di Bandara dengan didampingi Migrant Care.

Farida sebelumnya berangkat ke Abu Dhabi pada bulan Maret 2007 dan kemudian dikirimkan ke Irak tanpa informasi jelas dari pihak PJTKI maupun agen dari Abu Dhabi. Pdahal Irak merupakan negara konflik bukan sebagai tujuan TKI.

Kepulangan Farida diharapkan dapat mengingatkan pemerintah terhadap kasus serupa yang menimpa sejumlah PRT Migran Indonesia yang masih terjebak dalam situasi konflik di Irak. Sekaligus dapat dijadikan momentum bagi aparat penegak hukum untuk menyelesaikan proses hukum bagi 14 orang PRT migran Indonesia yang telah dipulangkan sejak 7 November 2001.

Keempat belas orang tersebut yaitu, Elly Anita, Darniati, Castini, Siti Julaiha, Aan Fathonah, Fitri Bt Supeda, Cucu Juhaini, Suyati, Hidayah, Emi, Nurlela, Mistiari, Nanik Daryani, dan Casinah. Dari 14 orang tersebut, hanya hanya kasus Darniati saja yang telah diproses secara hukum. Sementara 13 lainnya masih dalam tahap penyidikan polisi. Bahkan, Casinah mengalami trauma karena kasusnya tidak ada penyelesaian hukum.

Migrant Care mendukung segala tuntutan pihak keluarga untuk memenuhi hak sebagai korban meliputi gaji selama kerja, asuransi, rehabilitasi medis dan psikologi, serta repatriasi kepada pihak keluarga serta lingkungan asalnya. Migrant Care juga mendesak penyelesaian melalui jalur hukum pihak-pihak yang terlibat dalam keberangkatan para PRT Migran.c85/fif


Tidak ada komentar:

Posting Komentar