28 Mei 2009

PKL Penyelamat RI dari Krisis Global

PKL Penyelamat RI dari Krisis Global

Kamis, 28 Mei 2009 - 13:59 wi
 
Rus Akbar - Okezone
Mendag Mari Elka Pangestu. Foto: Widi Agustian/Okezone.com

PADANG - Keberadaan Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) saat ini menunjukkan eksistensi dan bekerja dalam unit ekonomi kerakyatan.

Adanya peranan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam pembangunan nasional yang cukup signifikan, tidak dapat di sangkal menjadi pelindung dalam krisis global yang dihadapi sekarang ini.

"Untuk itu pemberdayaan PKL perlu dilakukan melalui kebijakan dan program-program pengembangan jiwa kewirausahaan, peningkatan profesional, fasilitas terhadap akses permodalan, teknologi tepat guna, informasi pasar, dan perbaikan iklim usaha yang kondusif," ucap Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, saat membuka Bursa Terpadu, di halaman Kantor Gubernur Sumbar, Jalan Jendral Sudirman, Padang, Kamis (28/5/2009).

Demi mengatasi dampak krisis global yang terjadi, Mendag pun menyambut positif langkah-langkah yang dilakukan untuk menghindari krisis ekonomi global. Maka dari itu, dia mengimbau masyarakat untuk mencintai, memakai, dan membeli produk lokal.

"Kita harus mencintai produk lokal, karena itu akan berdampak pada taraf ekonomi kita sendiri. Pemerintah menyadari untuk mengatasi dampak krisis global ini maka kita harus membeli dan memakai produk lokal sendiri," tegasnya. (ade)


http://economy.okezone.com/index.php/ReadStory/2009/05/28/277/223937/pkl-penyelamat-ri-dari-krisis-global


Tidak ada komentar:

Posting Komentar