28 Mei 2009

Pedagang Barito Akan Direlokasi ke Ragunan

Pedagang Barito Akan Direlokasi ke Ragunan

By Republika Newsroom
Rabu, 27 Mei 2009 pukul 17:04:00
 
 
JAKARTA -- Pemerintah Kota Jakarta Selatan berencana merelokasi pedagang di Jalan Barito, Kabayoran Baru ke samping terminal Ragunan, Pasar Minggu.

Pemindahan ini dilakukan karena pemerintah tidak akan memperpanjang kembali tempat penampungan sementara pedagang di Js 25, Js 26 dan Js 30 itu.

Walikota Jakarta Selatan Syahrul Effendi mengatakan, relokasi itu masih dalam pembahasan antara kedua belah pihak. "Bila sudah siap baru nantinya kita pindahkan. Ini kan harus dibicarakan terlebih dahulu dengan mereka," ujar Syahrul.

Rencananya, lanjut Syahrul, di sepanjang Jl Barito itu akan di jadikan jalur Hijau. Sehingga akan terlihat jauh lebih baik

Kepala Suku Dinas Usaha Kecil Menengah Taufik ketika dihubungi Rabu (27/5) mengatakan relokasi ini rencananya akan dilakukan usai pemilu nanti. Menurutnya pedagang di Jalan Barito sebenarnya merupakan binaan dari pemerintah kota Jakarta Selatan.

Keberadaan mereka sudah puluhan tahun bahkan secara umum di atas 10-30 tahun.Dengan waktu yang cukup panjang itu seharusnya mereka sudah bisa mandiri tidak bergantung lagi kepada pemerintah.

Rencana relokasi itu saat ini masih dibahas. Dia menilai bahwa hampir sebagian pedagang menyetujui relokasi ke samping terminal Ragunan. "Lokasinya beradi di samping terminal Ragunan. Panjangnya, melebihi dari yang di Barito," jelasnya.

Mengenai jumlah pedagang yang masih berjualan di Jl Barito sekitar 40 orang. Jenisnya beragam mulai dari pedagang burung, anjing, kucing, ular, dan pedagang buah. Kios yang mereka gunakan rata-rata 3x3 meter semi permanen. "Paling banyak berjualan burung," tambahnya. 
 
Walikota Jakarta Selatan Syahrul Effendi menjamin bahwa tindakannya melakukan penertiban kepada sejumlah pedagang kaki lima tentunya berdasarkan perhitungan.

Pihaknya selalu menyediakan tempat bila penggusuran itu dilakukan. "Kita tentunya tidak ingin merugikan para pedagang kecil," paparnya. - thr/ahi

http://www.republika.co.id/berita/52751/Pedagang_Barito_Akan_Direlokasi_ke_Ragunan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar