27 Mei 2009

Banyak Calon TKW Palsukan Identitas Jadi Orang Sunda

Selasa, 26/05/2009


Avitia Nurmatari - detikBandung

Bandung - Mitos tentang perempuan sunda yang cantik dan rajin memelihara tubuhnya, menjadi salah satu alasan untuk para agen TKW ilegal untuk gencar mencari mangsa di daerah Jawa Barat. Bahkan ada perempuan dari daerah lain yang memalsukan identitasnya menjadi penduduk Jabar hanya untuk mendapatkan gelar TKW cantik.

"Perempuan bandung itu terkenal cantik dan pandai merawat tubuhnya, hal itulah yang menarik perhatian agen-agen ilegal untuk mengambil TKW-TKW di Jawa Barat," ujar Valentina Sagala, Executive Board Institut Perempuan kepada detikbandung ketika wawancara di RM Citra rasa, Jalan Soka, Selasa (26/5/2009).

Bahkan, kata dia, ada perempuan daerah lain yang rela memalsukan identitasnya menjadi warga Jabar agar disebut TKW cantik dan menarik para agen.

Menurutnya Bandung kini telah menjadi daerah pengiriman, transit, dan penampungan TKW ilegal tersebut. "Para agen-agen itu pintar mencari celah, bahkan pada tahun 2005 ada mahasiswa di Bandung yang tertipu karena diiming-imingi akan menjadi duta seni, padahal mereka akan dijadikan sebagai pekerja seks komersial," ujar Valentina.

Menurut Valentina yang sehari-harinya banyak melakukan aktivitas di kota Bandung ini, para calon TKW seharusnya mendapatkan bekal pengetahuan dan informasi yang cukup. Sehingga tidak akan tertipu oleh agen-agen palsu.

"Yang menjadi masalah itu ketika TKW pergi secara ilegal, jika TKW tersebut berangkat dengan kejelasan dan legal, tidak akan ada masalah," ujar wanita yang akrab dipanggil Valen ini.

(ern/ern)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar