28 April 2009

Seluruh Terminal di Jaksel Dibersihkan

Berita Kota
Sabtu, 25 April 2009


JAKARTA, BK

Sudin Perhubungan Jakarta Selatan menggelar pembersihan lima terminal yang ada di wilayah itu. Pembersihan terhadap Terminal Blok-M, Ragunan, Pasarminggu, Manggarai, dan Lebakbulus dilakukan lantaran semrawut dan kumuh. Selain memfokuskan pembersihan infrastruktur pendukung terminal, seperti taman dan saluran, petugas juga akan membersihkan pedagang kakilima (PKL) dan preman yang akan dimulai awal Mei mendatang.

"Ini yang pertama kali dilakukan. Tujuannya untuk memberi rasa nyaman bagi masyarakat sebagai pengguna terminal. Terminal yang dibersihkan jumlahnya ada lima, tetapi dihitung enam karena Terminal Lebakbulus dihitung dua terminal yang berfungisnya sebagai terminal dalam kota dan terminal antarkota antarprovinsi (AKDP). Kegiatan aksi kebersihab ini melibatkan petugas area terminal dan TNI dari Resimen Zeni Tempur (Denzipur) Jagakarsa," jelas Kasudin Perhubungan Teddy Sutisna, Jumat (24/4).

Sementara itu, Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Mardanus Pasaribu mengungkapkan, pembersihan terminal dilakukan tidak hanya pada bagian transit bus. Tapi juga pada bagian saluran air yang kotor ataupun toilet yang banyak coretan, sehingga tidak sedap dipandang mata. "Jika hanya sekadar kotor akan kita bersihkan dengan air. Tapi, jika tembok toilet dan terminal penuh coretan akan dilakukan pengecatan," jelasnya.

Selain membersihkan area terminal, Mardaus menegaskan, bakal menggelar penertiban PKL di sekitar area terminal. "Copet pun kalau ada akan kita tindak. Setidaknya kegiatan membersihkan terminal membuat mereka tidak berani beroperasi di dalam area terminal," tegasnya.

Rencana itu mendapatkan dukungan dari Kasatpol PP Jakarta Selatan Jurnalis. "Warga sudah lama resah dengan tindakan premanisme. Karena itu kami akan membantu menertibkan keamanan dalam terminal. Pihak kami akan bekerjasama dengan Polres Jakarta Selatan untuk menertibkan keadaan terminal," ujarnya O brn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar