27 April 2009

Bank Mandiri Targetkan Remitansi TKI Naik 10 Persen


Jumat, 24 April 2009   
Penulis : Andreas Timothy

Media Indonesia

JAKARTA--MI: Bank Mandiri Tbk menargetkan pertumbuhan remitansi (pengiriman uang dari luar negeri) Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sebesar 10% untuk periode 2008 hingga 2011 dari rata-rata jumlah remitansi TKI yang masuk melalui Bank Mandiri sebesar Rp2,5 triliun per tahun.

"Volume remitansi TKI di Bank Mandiri rata-rata Rp2,5 triliun per tahun. Sebagian besar dari negara-negara Timur Tengah," kata Direktur Bank Mandiri Agus Martowardojo di sela acara penandatanganan MoU antara Bank Mandiri dan Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Jakarta, Jumat (24/4).

Agus menjelaskan total nilai remitansi TKI ke Indonesia melalui Bank Mandiri selama tiga tahun terakhir tumbuh rata-rata 30% per tahun. Pada 2008 tercatat total nilai remitansi TKI mencapai Rp4 triliun. Jumlah tersebut, kata dia, berasal dari negara-negara tujuan utama penempatan TKI seperti Timur Tengah, Hong Kong dan Taiwan.

Sementara itu, Senior Vice President International Banking and Capital Market Services Group Bank Mandiri Iman Nugroho menjelaskan saat ini pangsa pasar remitansi Bank Mandiri masih kecil dibanding bank lainnya yaitu 10%. Pada Februari 2009, ungkap dia, remitansi TKI yang masuk ke Bank Mandiri besarnya US$66,7 juta.

Remitansi TKI yang bekerja di Saudi Arabia mengambil jumlah terbesar yakni US$236,4 juta. Sedangkan Hong Kong US$23,8 juta, dan Uni Emirat Arab US$ 57,96 juta. (*/OL-06)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar