27 April 2009

Gizi Buruk Serang ABG, Tubuh Tinggal Tulang dan Kulit

Kamis, 23/04/2009

Berita Jatim

Reporter : Nanang Masyhari

Kediri - Kembali, kasus gizi buruk terjadi di Kabupaten Kediri. Seorang Anak Baru Gede (ABG) bernama Sudarwati (13), asal Desa Sidomulyo, Kecamatan Puncu harus menjalani perawatan intensif di RSUD Pelem.

Tubuh putri pasangan suami-istri, Riyanto (45) dengan Sripenganti (35) itu, kini tinggal tulang dan kulit. Berat badannya pun hanya 15 kg, padahal berat badan ideal anak seusianya sekitar 36 kg. Bahkan, Sudarwati hanya dapat terbaring lemah.

Sehingga, ibunya Pangestilah yang berusaha sabar, membantu aktifitas putrinya itu. Meski demikian, orang tua Sudarwati hanya bisa pasrah. Maklum, kondisi ekonomi merasa betul-betul minim.

Menurut ketarangan dokter yang menanganinya, dr Soerjatmono SPa, Sudarwati mengalami Kekurangan Energi Protein (KEP) atau gizi buruk. Akibat dari asupan gizi yang sangat rendah.

"Kita berusaha menstabilkan kondisi Sudarwati dengan memberi asupan gizi dan susu asterol secara rutin," terang Soerjatmono, Kamis (23/4/2009).

Riyanto, ayah Sudarwati mengaku, saat lahir berat badan putri itu normal, yaitu 2,5 kg. Namun, karena kondisi ekonomi keluarga yang sangat kekurangan, mengakibatkan perkembangan tubuh Sudarwati kurang normal.

Riyanto hanya sebagai seorang sopir truk tebang tebu dan Pangesti hanya seorang Ibu rumah tangga. Pangesti mengaku, sejak masuk Sekolah Dasar (SD), putrinya mulai sakit-sakitan.

Humas Pemkab Kediri Eko Setiono mengaku telah menerima laporan kasus gizi buruk yang dialami Sudarwati, pihaknya juga telah membantu asupan gizi dengan memberi susu formula. Sementara itu dari data yang diperoleh, kasus gizi buruk di Kabupaten Kediri pada tahun 2008 sebanyak 158 anak. [nng/kun]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar