16 November 2009

Sebanyak 38 Persen Anggaran Kota Bekasi untuk Pendidikan



Senin, 16 November 2009

TEMPO Interaktif, Bekasi - Anggaran pendidikan di Kota Bekasi mencapai Rp 663 miliar setahun. Jumlah sebesar ini, 38,88 persen dari seluruh anggaran Rp 1,63 triliun,  muncul karena pemerintah kota menargetkan pendidikan gratis hingga tingkat sekolah menengah atas.

Wakil Ketua Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah,  Chairoman J. Putro, Senin (16/11), mengatakan alokasi pendidikan menjadi prioritas karena pemerintah hendak menggratiskan pendidikan hingga tingkat sekolah menengah.

Ia mengatakan sistim sekolah gratis ini akan dilaksanakan bertahap. "Prioritas awal diberikan kelas satu," kata Chairoman. Adapun siswa kelas dua dan tiga, akan dilakukan pada tahun berikutnya.

Sebelumnya, dalam dua tahun ini pemerintah Kota Bekasi telah menggratiskan biaya sekolah untuk siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

Menurut Chairoman, program sekolah gratis cukup efektif dan mendapat respon positif meskipun praktiknya belum sempurna. Saat ini, kata dia, sekolah gratis belum diimbangi harga buku sekolah yang masih mahal.

Selain pendidikan, anggaran yang besar lain adalah pembangunan jalan dan sistem drainase yang mencapai 19,81 persen atau Rp 342 miliar. Sedang kesehatan gratis mencapai 8,7 persen atau Rp 150 miliar.

HAMLUDIN


Tidak ada komentar:

Posting Komentar