30 November 2009

TKI Asal Sumenep Dikabarkan Tewas di Malaysia

30 Nopember 2009

Sumenep - SURYA - Dahlan, 40 tahun, warga Desa Gaddu Barat, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, yang bekerja sebagai buruh bangunan di Malaysia dikabarkan tewas, Sabtu (28/11) lalu.

Bayinah, istri Dahlan, mengaku kabar tewas suaminya itu diketahui Minggu (29/11) kemarin, setelah salah seorang rekan korban di Malaysia memberi kabar bahwa Dahlan tewas saat akan menyebrangi sungai. "Dia terseret arus sungai yang tiba-tiba pasang," katanya berurai air mata.


Menurut Sakir, menantu Dahlan, mertuanya itu sudah lama bekerja sebagai tenaga kerja indonesia ilegal. Agar tidak ditangkap aparat, Dahlan dan beberapa rekannya memilih tinggal di hutan. Pagi hari ia akan menyebrang sungai untuk bekerja dan sebelum senja kembali lagi ke hutan.


Jenazah Dahlan, kata dia, ditemukan Minggu kemarin beberapa meter dari pertama kali terseret arus. "Jasadnya ditemukan di dasar sungai," ujarnya.


Kabar tewasnya Dahlan itu membuat keluarganya bingung, apakah mungkin jenazah tenaga kerja ilegal bisa dipulangkan ke tanah air? Sakir mengungkapkan, tidak ada firasat apa pun soal Dahlan, hanya saja, beberapa hari sebelum dikabarkan tewas Dahlan tiga hari berturut-turut menelpon puterinya dan selalu menangis.


"Dia bilang mau pulang, gak taunya meninggal," katanya.


Sakir berharap jenazah mertuanya bisa dipulangkan agar bisa dikuburkan secara layak di kampung halaman. Meski belum pasti, keluarga Dahlah sudah menggelar tahlilan. "Kabarnya jenazahnya akan dipulang lusa," tuturnya.


MUSTHOFA BISRI/TEMPO Interaktif,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar