29 November 2009

Puluhan Pengemis Menyerbu Masjid Istiqlal

Puluhan Pengemis Menyerbu Masjid Istiqlal


Jumat, 27 November 2009 | 06:16 WIB

Laporan wartawan KOMPAS.com Caroline Damanik


JAKARTA, KOMPAS.com — Selain para jemaah yang terus berdatangan ke Masjid Istiqlal, Jumat (27/11), untuk mengikuti shalat Idul Adha, keramaian di masjid terbesar di Jakarta juga diwarnai oleh maraknya para pengemis yang menanti amal.

Mereka datang lebih pagi dari para jemaah yang datang untuk kemudahan mengambil "tempat praktik". Pene (55), warga Senen, mengaku tiba pukul 05.00 bersama sejumlah kerabatnya di Masjid Istiqlal. Pene mengatakan, ini sudah menjadi agenda rutinnya setiap shalat Idul Fitri dan Idul Adha setiap tahunnya.

"Lumayan, dapet sampai Rp 100.000," ujarnya kepada Kompas.com.

Ketika ditanyakan apakah masih optimistis dapat memperoleh uang sebanyak itu saat ini, Pene ragu. Sudah banyak saingan, ungkapnya. Memang, hasil pengamatan Kompas.com, di halaman pintu kompleks masjid yang berbatasan dengan Gedung Pertamina saja terlihat lebih dari 50-an pengemis beroperasi.

Empat di antaranya, kerabat Pene. Para jemaah yang datang pun tampaknya tak terlalu keberatan dengan keberadaan kaum papa ini. Mereka bahkan terlihat sangat bahagia ketika memberikan sedekah. "Justru senang Mbak, bisa berbagi," ujar Chandra, warga Rawamangun yang datang bersama keluarganya untuk menunaikan shalat Id.


http://nasional.kompas.com/read/xml/2009/11/27/0616274/Puluhan.Pengemis.Menyerbu.Masjid.Istiqlal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar