20 November 2009

Penjual DVD Pasar Tumpang Digerebek


Jumat, 20 Nopember 2009

TUMPANG - SURYA- Ratusan keping VCD/DVD bajakan disita petugas reserse kriminal Polwil Malang dari lapak para pedagang di Pasar Tumpang, Kamis (19/11).
Selain menyita barang bukti kepingan VCD/DVD, MP3 lagu dan film, petugas juga menangkap empat pedagangnya, yaitu, Nur Kholiq, Slamet Riyadi, M Munir, dan Suryadi. Semuanya warga Jl Tumapel, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

Kholiq, 17, mengaku sudah berjualan barang bajakan sejak dua bulan lalu. Keping VCD/DVD bajakan tersebut dibelinya dari seseorang yang datang berkala ke Pasar Tumpang. Sang penjual diperkirakan datang dari luar kota.
"Kalau VCD lagu kulakannya antara Rp 2.500 sampai Rp 3.000. Kalau film beli Rp 5.000 dan dijual Rp 10.000," katanya.

Ketika ditanya apakah tahu mengenai larangan menjual VCD/DVD bajakan, Kholiq dan tiga temannya serempak menjawab `ya`. Meski demikian mereka tetap saja berjualan karena alasan ekonomi.
Pekan sebelumnya, pengganda kepingan VCD orisinal untuk diperjualbelikan, juga ditangkap. Abu Hasan, 37, warga Desa Baron Kulon, Kecamatan Baron, Kabupaten Probolinggo, ditangkap berserta barang bukti dua unit komputer, satu scanner, satu printer dan 200 VCD bajakan siap jual.

Kasubbag Reskrim Polwil Malang, Kompol Sudibyo, mengatakan produksi VCD bajakan dilakukan sejak tujuh bulan silam. Hasan, dalam pemeriksaan, mengaku, ia spesialis mencopy VCD lagu, karena jenis tersebut yang paling cepat laku ketimbang VCD film, karena murah. "Seharinya, mencetak bisa sampai 170 keping VCD. Dan hanya dilakukan seminggu tiga kali," kata Hasan. why


Tidak ada komentar:

Posting Komentar