26 November 2009

200 TKI Duta Wisata Diberangkatkan

25/11/2009
Liputan6.com, Mataram: Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar melepas 200 calon tenaga kerja Indonesia asal Nusa Tenggara Barat sebagai duta wisata ke Malaysia. Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTB M. Agus Patri, para calon TKI akan bekerja selama dua tahun sekaligus sebagai duta wisata untuk melakukan promosi pariwisata di Malaysia.

Untuk 2009, terdapat sekitar 30 calon TKI diberangkatkan ke Malaysia untuk bekerja baik di perkebunan kelapa sawit, sopir dan pertukangan. "Minat masyarakat NTB untuk bekerja ke luar negeri cukup tinggi sehingga NTB menjadi daerah terbesar kedua setelah Jawa Timur dalam pengiriman TKI ke berbagai negara terutama Malaysia," kata Agus seperti dikutip ANTARA.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB Lalu Gita Ariadi mengatakan, para TKI tersebut dapat bercerita kepada siapa saja terutama penduduk setempat tentang NTB yang dengan berbagai obyek wisata.

Selain itu, selama di luar negeri, TKI harus memberi contoh dengan bertingkah laku baik, rajin dan jujur dalam bekerja serta tak membuat onar sehingga banyak wisatawan akan berkunjung ke NTB. Selama 2009, Pemprov NTB menargetkan kunjungan sekitar 400 ribu wisatawan, sementara sejuta kunjungan wisatawan ditargetkan pada 2012.

Lalu Gita optimistis target tercapai karena NTB berada di segi tiga emas, yakni sebelah barat Bali, sebelah timur Pulau Komodo, NTT dan sebelah selatan Tanah Toraja, Sulawesi Selatan. Pemprov NTB bertekad membangun pariwisata yang punya daya saing internasional sehingga provinsi itu akan sejajar dengan pasar pariwsiata dunia seperti Thailand, Malaysia dan Singapura.(JUM/YUS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar