13 November 2009

Mahasiswa Harapkan Program Jamkesmas Dilanjutkan


Kam, Nov 12, 2009


Banda Aceh ( Berita sore) :  Puluhan mahasiswa di Banda Aceh yang tergabung dalam Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Kamis [12/11], berunjuk rasa mendesak pemerintah melanjutkan program jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas) karena bermanfaat bagi rakyat miskin.

Unjuk rasa sekitar 50 orang mahasiswa itu juga berkaitan dengan  peringatan  Hari Kesehatan Nasional (HKN). Mereka melakukan aksi di bundaran Simpang Lima Banda Aceh selama kurang lebih satu jam sambil menyebarkan selebaran kepada masyarakat yang melintasi kawasan itu.

Koordinator aksi Yulizar Kasma menyatakan jamkesmas dinilai mampu meningkatkan pelayanan kesehatan, khususnya bagi masyatakat miskin, sehingga program tersebut perlu dilanjutkan mengingat warga yang berpenghasilan rendah masih banyak.

Namun, katanya, masih ditemukan di lapangan ada pihak rumah sakit yang menolak pasien yang menggunakan layanan jamkesmas dengan berbagai alasan. Ia mengharapkan program jamkesmas di masa mendatang benar-benar diwujudkan dan perhatian terhadap lingkungan ditingkatkan demi terwujudnya Aceh sehat.

Ia juga minta pemerintah lebih memperhatikan program kesehatan yang sifatnya preventif, promotif, dan rehabilitatif, karena semua itu pangkal untuk mewujudkan masyarakat yang sehat.

Para mahasiswa juga menuntut dikeluarkannya "qanun" (peraturan daerah) tentang kesehatan yang benar-benar memberikan efek positif kepada masyarakat dengan substansi peningkatan derajat kesehatan di Aceh. ( ant )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar