17 November 2009

Gubernur Soekarwo Pesimis Bantuan Rumah Warga Miskin Tercapai


Rabu, 18 November 2009

TEMPO Interaktif, Ponorogo - Pemerintah Provinsi Jawa Timur pesimis program bantuan pembangunan perumahan bagi penduduk miskin akan tercapai dalam kurun waktu lima tahun. "Tidak akan bisa habis selama pemerintahan saya dengan Gus Ipul," kata Gubenur Soekarwo di Ponorgo, kemarin.

Pemerintah Jawa Timur menganggarkan akan membangun sebanyak 664 ribu rumah bagi bagi warga miskin. Sebanyak seribu unit rumah diantaranya akan dibangun bagi penduduk miskin di Ponorogo. Untuk mendukung seluruh upaya program bantuan rumah bagi warga miskin ini, pemerintah secara khusus menyediakan dana sebesar Rp 4,2 trilyun. "Paling (hanya terpenuhi) sekitar 250 ribuan rumah," kata Soekarwo.

Soekarwo memperkirakan saat ini masih ada sekitar 12 juta jiwa penduduk miskin di Jawa Timur. Mereka tergolong miskin hingga sangat miskin yang masih sangat membutuhkan perhatian di bidang kesehatan dan pendidikan.

Sementara untuk mengatasi masalah kesehatan di desa-desa miskin, lanjut dia, pemerintah Jawa Timur merencanakan akan membangun Pos Kesehatan Desa di 8.500 desa. Pos ini berfungsi semacam Pusat Kesehatan Masyarakat dalam bentuk yang lebih kecul. "(hanya) ada bidan dan perawat," kata dia.

Pembangunan pos ini dijadwalkan akan dimulai di awal tahun 2010 mendatang. Penyediannya tenaga medis di pos akan dilakukan dengan bekerjasama antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten setempat.

ANANG ZAKARIA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar