24 Oktober 2009

Polda Riau Gagalkan Penyaluran TKI Ilegal

 22 Oktober 2009
Banda Haruddin Tanjung - Okezone

PEKANBARU - Sebanyak 59 calon TKI  ilegal asal Sampang, Madura, Jawa Timur, ditangkap aparat Kepolisian Daerah Riau. Puluhan TKI itu rencananya akan disalurkan ke Malaysia.
 
Calon TKI diamankan dari lima bus mini saat baru saja meninggalkan Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, dan saat ini mereka diamankan di Mapolda Riau.
 
Menurut salah satu calon TKI Fadli (23), dirinya semula ditawari oleh salah satu tekong bernama Amad Hawi untuk bekerja di Malaysia. ?Kita berangkatnya dari Bandara Surabaya. Menurut Amad kita akan diberangkatkan ke Malaysia dengan menggunakan visa kunjungan,? katanya kepada Okezone, di halaman Mapolda Riau,  Kamis (22/10/2009).
 
Fadli (35) TKI lainnya menambahkan, untuk persyaratannya ke Malaysia mereka diwajibkan menyerahkan uang Rp4 juta kepada tekongnya.
 
?Uangnya sudah kita serahkandan katanya kita akan diberangkat ke Malaysia melalui Pelabuhan Dumai, Riau,? katanya yang tergiur bekerja ke Malaysia karena masih menganggur.
 
Hal yang sama juga dikatakan TKI lainya, Siri (54) yang mengaku sudah terlanjur menyerahkan uang Rp3,1 juta.
 
?Katanya tekong saya nanti akan mengurus kami semua, keinginan saya sih ingin tetap di berangkatkan ke Malaysia untuk bekerja. Kalau mau pulang, kami sudah tidak punya ongkos lagi,? tutur pria asal Pamekasan ini.
 
Sementara itu Kabid Humas Polda Riau AKBP Zulkifli mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan pendataan. ?Semuanya masih kita diselidiki,? terangnya.
(lam)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar