20 Oktober 2009

Berharap Normalisasi Kali Grogol

Berharap Normalisasi Kali Grogol

Oktober 20, 2009 - 19:13
Kategori Berita Terkini, Jaksel

KEBAYORAN BARU (Pos Kota) – Warga yang bermukim di pinggir Kali Grogol, Kebayoran Baru yang rawan banjir kiriman, menilai Pemda DKI tak serius menangani penurapan dan normalisasi kali tersebut. Pasalnya, program 13 kali yang bakal dikeruk harus dilakukan nyata jangan hanya umbar janji saja.

"Sudah enam tahun warga di sini menunggu pengerukan badan kali, pelebaran maupun penurapan tapi tak pernah ada akibatnya lingkungan jadi langganan banjir," ujar Ny. Sanusi, warga Gunung, Kebayoran Baru, Selasa (20/10).

Menurut dia, kondisi di pinggir kali semakin parah dan semrawut sehingga terkesan kumuh terlebih saat air kali meluap ke lingkungan rumah serta gang yang ada.

Keseriusan Pemda DKI maupun Walikota Jaksel dalam menangani masalah ini sampai sekarang hanya sebatas bicara tanpa ada bukti di lapangan. Buktinya, banyak bangunan permanen berdiri di atas kali tersebut.

Hal senada dikatakan Urip, warga Gandaria Utara, yang sudah 10 tahun tinggal di kawasan tersebut. "Waktu itu memang kali lumayan lebar sekitar 4 meter tapi belakangan di bagian kelokan ada yang tinggal dua meter bahkan bisa dilompati oleh warga," ujarnya.

Program normalisasi seperti penurapan maupun pengerukan lumpur yang ada sampai saat ini tak terlaksana. Sehingga banyak warga yang menilai penanganannya tak serius program pengerukan yang direncanakan tahun 2009 dan 2010 untuk 13 kali harus dilakukan.

Walikota Jaksel Syahrul Effendi didampingi Kasudin PU Tata Air setempat Ny. Ati Angkasa, mengatakan masalah program normalisasi di sepanjang Kali Grogol sudah diajukan ke Pemda DKI dan tinggal menunggu waktu saja.

"Kumuhnya kawasan itu tentunya sangat memprihatinkan dan dalam waktu dekat dilakukan penyuluhan serta informasi terhadap penataan pinggir kali," ujarnya. "Sudah seharusnya dilakukan karena air kali sudah hitam pekat dan berbau untuk kesehatan tak lagi bagus." (anton/B)


http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2009/10/20/berharap-normalisasi-kali-grogol


Tidak ada komentar:

Posting Komentar