08 September 2009

Kiriman Uang TKI Asal Banyuwangi Capai Rp 12,5 Miliar

Selasa, 08/09/2009

Irul Hamdani - detikSurabaya

Banyuwangi - Pengiriman uang dari para TKI asal Banyuwangi meningkat menjelang lebaran ini. PT Pos Indonesia cabang Banyuwangi mencatat transaksi keuangan mencapai Rp 12,5 Miliar.

"Jumlah itu diperkirakan bertambah besar mendekati lebaran," kata Kepala PT Pos Indonesia cabang Banyuwangi Taufiq kepada wartawan di kantornya, Selasa (8/9/2009).

Sebulan terakhir, PT Pos Indonesia mencatat transaksi sekitar 4.929 kali. Jumlah itu lebih besar dari tahun lalu yang hanya 3.529 kali. Kiriman uang paling banyak berasal dari para TKI yang bekerja di Timur Tengah.

Seperti Arab Saudi, Kuwait serta Dubai. Rata-rata mereka mengirimkan uang sebesar Rp 10 juta hingga Rp 20 juta perorangnya.

"TKI yang bekerja dari Korea, Malaysia, Singapura, dan Taiwan jumlahnya transaksinya lebih kecil. Kisaran Rp 1 Juta sampai Rp 2 juta saja," tuturnya.

Selain lonjakan transaksi pengiriman uang tunai, PT Pos Indonesia juga mengalami peningkatan untuk jasa pengiriman paket barang. Dalam sehari sekitar 3 ribu hingga 5 ribu paket diterima PT Pos dari warga. Lonjakan untuk jasa pengiriman ini sementara mencapai 15 persen.

(wln/wln)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar