21 September 2009

H-7 Kiriman Paket dan Duit Naik Tajam



14 September 2009

TEMPO Interakti
f, BANDUNG - Tujuh hari menjelang lebaran, kiriman uang dari luar negeri ataupun dalam negeri meningkat tajam sampai 2 kali lipatnya dibandingkan beberapa hari kebelakang. PT Pos Besar Bandung memprediksi, kenaikan akan mencapai puncak pada Sabtu (19/9). "Saat ini saja paling tidak yang mencairkan uang kiriman mencapai 150 orang perhari." kata Suyud Suhendar Juru Bicara PT Pos Besar Bandung saat ditemui di kantornya, Senin (14/9).

Menurut Suyud, pencairan uang dari luar negeri mencapai Rp 400 juta sampai Rp 500 juta rupiah perharinya. Adapun pengiriman dalam negeri antar kota dengan menggunakan jasa wesel kilat mencapai Rp 250 juta perhari."Paket paket kiriman di bawah 10 kilogram pun sudah mulai banyak dan mengalami lonjakan dibandingkan 10 hari lalu sampai 100 persen,"ujarnya.

Kiriman uang terbanyak didominasi dari TKI yang ada Timur Tengah dan Malaysia. Rata-rata mereka mengirim uang Rp 2 - 5 juta dalam sekali kirim. Adapun jasa wesel kilat, paling rendah Rp 500 ribu. "Pengiriman lebih mendominasi ke wilayah Jabodetabek dan Jawa Tengah" ujarnya.

Pt Pos sendiri akan menambah armada hingga 7 truk menyusul peningkatan jumlah paket. Paket-paket itu paling banyak dikirimkan ke luar Jawa. Pelayanan ini akan dibuka hingga 19 - 23 September."Layanan terbatas, hanya berlangsung di 11 kantor pos disekitar Bandung Raya. PT Pos hanya libur selama 2 hari," akunya.

Pantauan Tempo, masyarakat pengguna jasa pos tampak mengantri loket loket pengiriman jasa pos mulai paket, pembayaran dan pengiriman dokumen lainnya."Ini hanya pakaian untuk keluarga dikampung halaman buat saudara saudara yang masih kecil. Karena saya baru berangkat mudik sehari sebelum lebaran dan biar tidak banyak barang yang harus dibawa." ujar Winda salah seorang pengirim paket saat antri di Kantor Pos Besar Bandung.

ALWAN RIDHA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar