21 September 2009

Bandara Juanda Terima Kedatangan 8.141 TKI

18 September 2009

Surabaya, (tvOne)

Bandar Udara Juanda Surabaya, Jawa Timur sejak 1 September 2009 sampai Jumat siang ini menerima kedatangan 8.141 Tenaga Kerja Indonesia (TKI), seiring momen Lebaran 1430 Hijriah yang diisyaratkan pemerintah pada tanggal 20 September.

"Dominasi kedatangan mereka berasal dari Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Hongkong," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim, Indra Wiragana, di Surabaya, Jumat.

Menurut dia, puncak arus mudik para TKI tersebut ke provinsi ini melalui pintu masuk Juanda terjadi pada H-5 Lebaran (15/9). "Saat itu, jumlah TKI yang datang mencapai 922 orang, padahal ketika hari normal jumlah mereka hanya 240 orang per hari," ujarnya.

Ia merinci, kedatangan para pahlawan devisa itu sejak tanggal 1 September hingga 16 September mencapai 7.242 orang, lalu pada tanggal 17 September naik sebanyak 844 orang per hari. "Namun, sampai pukul 13.00 WIB Jumat ini berdasarkan pantauan kami di `counter` Disnakertrans di Juanda baru 55 orang TKI yang pulang ke Jatim," katanya.

Untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik para TKI di Juanda, ia menyatakan, siap melayani kedatangan mereka dengan mengoperasionalkan "counter"-nya di bandara tersebut selama 24 jam nonstop. "Kami akan menunggu mereka datang hingga penerbangan internasional terakhir yang datang di bandara," katanya.

Secara terpisah, ditemui di Bandara Juanda Surabaya, "Aviation Security" Juanda, Haryono, menambahkan, untuk mengantisipasi lonjakan kedatangan sejumlah maskapai penerbangan menambah frekuensi penerbangan mereka ke Surabaya.

"Semisal, Cathay Pacific yang pada hari Jumat ini meningkatkan frekuensinya menjadi tiga kali penerbangan. Untuk itu, kedatangan pahlawan devisa dari Hongkong ke Surabaya di antaranya pukul 17.00 WIB, pukul 18.00 WIB, dan pukul 19.00 WIB," katanya.

Selain maskapai tersebut, khusus Jumat ini, lanjut dia, pihaknya juga akan menerima kedatangan para TKI yang terbang ke Jatim dengan menumpangi pesawat Silk Air dari Singapura dan Lion Air dari Kuala Lumpur. "TKI dari Singapura akan tiba di Juanda pada pukul 14.30 WIB dan TKI asal Kuala Lumpur tiba pukul 23.20 WIB," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar