21 September 2009

Kiriman Uang TKI Sehari Capai Rp 50 Juta

14 September 2009

Meningkat Hingga 80 %

Purworejo, CyberNews. Memasuki H-7 Lebaran, pengiriman uang dari para tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Purworejo di luar negeri melalui layanan western union (WU) di kantor pos meningkat dratis. Dalam sehari rata-rata kiriman antara Rp 40 juta hingga Rp 50 juta.

Kepala Kantor Pos Pemeriksa Purworejo Sutarmo yang dikonfirmasi di kantornya Senin (14/9) mengatakan, kiriman harian itu mengalami lonjakan hingga 80 % dibandingkan pada hari-hari biasa.

"Pada hari-hari biasa, kiriman uang lewat jasa WU rata-rata Rp20 hingga Rp 30 juta. Meningkatnya kiriman ini karena TKI tidak bisa dan hanya mengirimkan uang untuk kebutuhan Lebaran," jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkan Sutarmo, lonjakan pengiriman tersebut mulai terjadi sejak lima hari lalu. Uang kiriman itu sebagian berasar dari negara-negara tujuan TKI seperti Arab Saudi, Malaysia, Singapura, dan negara-negara timur tengah lainnya.

Jika dibuat rata-rata bulanan, kiriman uang lewat jasa WU ini juga terlihat melonjak sangat drastis. Sebulan lalu jumlahnya sebesar Rp 800 juta, tapi hingga akhir pekan lalu sudah mencapai Rp 866 juta. "Hingga akhir bulan ini paling tidak bisa di atas Rp 1 miliar," katanya.
   
Pengiriman Paket
Selain WU, peningkatan juga terjadi untuk pengiman paket pos. Bahkan peningkatannya sangat drastis, jika dibanding pada hari-hari biasa mencapai 200%.

Dalam sepekan terakhir, jumlah rata-rata penerimaan mencapai 120 paket perhari, meningkart drastis dibandingkan hari biasa yang hanya sekitar 40-an paket.

Ditanya untuk wesel instan dan wesel prima, Sutamo mengungkapkan layanan itu juga mengalami peningkatan hingga 100 %. Dalam sehari, penerimaaan wesel mencapai 600 lembar untuk wesel prima dan 120-an wesel instan, meningkat dibanding hari biasa yang hanya sekitar 20-30-an lembar.

Diungkapkan Sutarmo, penerimaan wesel bervariasi maksimal Rp25 juta. Sebagian besar penerima wesel dari wilayah selatan, seperti Kecamatan Purwodadi, Ngombol, dan di bagian barat Kecamatan Kemiri.

Pembayaran wesel itu bisa dilakukan di kantor pos kecamatan. "Agar lebih mudah saja, tidak perlu jauh ke Purworejo bisa dilakukan di pelayanan kami yang terdekat." tuturnya.

( Nur Kholiq / CN13 )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar