21 September 2009

Jelang Lebaran, Kiriman Duit TKI Asal Serang Capai Rp 12 Miliar

15 September 2009


TEMPO Interaktif, SERANG -Dalam seminggu terakhir menjelang Lebaran, pengiriman duit  dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri melalui kantor Pos Cabang Serang, Banten, mencapai Rp 12,4 miliar.  "Jumlah tersebut meningkat 100 persen dari
pekan sebelumnya yang hanya Rp 6 Miliar," kata Kepala Cabang PT Pos Serang Kiagus Muhamad Amran, kepada wartawan, Selasa (15/9).

Menurut Amran, setidaknya sudah ada 4.700 lebih transaksi pengiriman yang dilakukan hasil kerja sama Kantor Pos melalui jasa Western Union (WU). "Kemungkinan masih akan terus bertambah dalam dua hari mendatang," kata Amran.

Dibanding bulan biasa, kata Amran, transaksi pengiriman uang para tenaga kerja Indonesia melalui PT Pos hanya sekitar 4.400 transasi per bulan dengan nilai uang rata-rata Rp14 miliar, "Namun sejak bulan Ramadan, dalam satu minggu bisa mencapai Rp 12 miliar dengan lebih dari 4.000 transaksi," katanya.

Selain pengiriman uang dari TKI yang meningkat, paket pengiriman barang juga meningkat sekitar 30 persen. Kemudian, pengiriman uang di dalam negeri melalui wesel pos pun meningkat sekitar 40 persen dari biasanya 4.000 transaksi setiap bulan dengan nilai uang yang dikirim sekitar Rp 5 miliar menjadi sekirar Rp 7 miliar.

Berdasarkan catatan dokumen pengirimannya,kebanyakan TKI yang mengirim uang adalah
mereka yang bekerja di Arab Saudi, lalu Malaysia dan negara-negara lain di Asia.

MABSUTI IBNU MARHAS


Tidak ada komentar:

Posting Komentar