21 September 2009

TKI Mudik Melonjak, Dinas Tenaga Kerja Lakukan Pemantauan

17/09/2009

Zainal Effendi - detikSurabaya

Surabaya - Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri mulai berdatangan. Di Bandara Internasional Juanda jumlah TKI yang pulang kampung meningkat cukup tajam.

Dari data yang diperoleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemprov Jawa Timur, jumlah TKI yang mudik mulai tanggal 1-16 September mencapai angka 7.242 Orang.

"Semua TKI yang datang kebanyakan dari Asia Pasifik seperti Malaysia, Hongkong, dan Taiwan," kata Kadisnakertrans Jatim, Indra Wiragana kepada wartawan di sela-sela sidak bersama Gubernur Jatim, Soekarwo di Juanda, Kamis (17/9/2009).

Pada hari biasa, TKI yang pulang jumlahnya sebanyak 240 Orang per hari. Namun pada musim lebaran dalam sehari bisa mencapai 900 Orang lebih.

Indra mengatakan pihaknya membuka counter khusus TKI. Setiap TKI yang datang harus melaporkan diri. Ini kata dia untuk meminimalisir tindak kejahatan serta hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu pihak Airport Duty Manager (ADM) mengatakan pada tanggal 18 dan 19 September mendatang rencananya ada dua pesawat yang mengangkut TKI dari Hongkong dan satu pesawat akan diberangkatkan dari Surabaya ke Johor Baru, Malaysia.

(wln/wln)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar