31 Agustus 2009

TKI Malaysia Mudik Lebih Awal

Aloysius Aran

28/08/2009
Liputan6.com, Batam: Lebaran masih tiga pekan lagi, namun rasa rindu berkumpul bersama keluarga di kampung halaman sudah nyata di hati. Mungkin itulah yang dirasakan para tenaga kerja Indonesia atau TKI di Malaysia yang mulai berdatangan mudik ke Tanah Air guna merayakan Idulfitri bersama keluarga.

Mereka bekerja di berbagai macam sektor mulai dari sektor industri, perkebunan, pembantu rumah tangga itu memilih cuti tahunan di masa Ramadan agar dapat pulang ke kampung halaman. Kebanyakan mereka berasal dari Jawa.

Alasan para TKI pulang lebih awal sederhana, yakni demi menghindari antrean dan berdesak-desakan sesama pemudik yang kerap terjadi menjelang Hari Raya. Selain itu, mereka juga menilai jika pulang lebih awal, ongkos transportasi yang ditanggung masih murah.

Para TKI kebanyakan memilih Batam sebagai pintu masuk ke Indonesia karena biaya lebih murah dibanding naik pesawat dari Kuala Lumpur ke Surabaya, Jawa Timur. Rinciannya seperti ini, jika mereka menggunakan feri dari Malaysia dan tiba di Batam kemudian melanjutkan perjalanan dengan naik pesawat, mereka hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp 2,5 juta. Sementara jika naik pesawat dari Kuala Lumpur langsung ke Surabaya dapat menghabiskan biaya sekitar Rp 5 juta.(BJK/ANS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar