25 Agustus 2009

Taman Manggarai Jadi Sarang PMKS

Taman Manggarai Jadi Sarang PMKS
Senin, 06 April 2009 08:22
JAKARTA, BK
Kondisi Taman Manggarai di Jl Manggarai Utara, tepatnya di depan Stasiun KA Manggarai, Jakarta Selatan sangat memrihatinkan. Selain tak terawat, taman kota tersebut mulai berubah fungsi. Taman yang seharusnya area bermain anak-anak itu kini dikuasai penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

Para gelandangan menggunakan alas koran atau kardus berteduh di bawah pohon. Tidak hanya para orangtua, anak balita juga banyak di lokasi itu. Diduga mereka sengaja membawa anak-anak membantu mencari nafkah dengan cara mengemis.

Selain meresahkan warga, keberadaan PMKS juga merusak keindahan taman, karena pagar digunakan untuk menjemur pakaian. Juhaeri (33), warga setempat berharap agar pemerintah segera melakukan penertiban sebelum jumlahnya kian banyak. "Soalnya kalau semakin banyak akan semakin susah ditertibkan," tuturnya Minggu (5/4).

PMKS yang menempati taman yang memiliki seluas 1.000m2 ini pada umumnya bekerja sebagai tukang sapu di dalam kereta. Sebagian adalah pendatang yang memang tidak memiliki pekerjaan tetap. "Selain itu, para pemulung yang tidak memiliki rumah tinggal juga banyak yang tidur dan menetap di sini, ini jelas mengganggu kami," ujar Juhaeri.

Kasiops Satpol PP Jakarta Selatan Bambang Budi Wibowo mengaku belum mendapatkan laporan mengenai masalah itu. Namun dia berjanji akan segera melakukan tindakan. Bila benar, kata dia, selain telah melanggar perda ketertiban umum, keberadaan taman tersebut bukan untuk tempat tinggal para tunawisma. "Nanti kami akan koordinasi dengan anggota di wilayah. kata Bambang

Menurut Bambang, tidak hanya di Taman Manggarai, sejumlah lokasi lain juga kerap ditemui PMKS, seperti kawasan Blok M, Pasarminggu, Kebayoranlama, dan Terminal Bus Lebak Bulus. O brn

http://www.beritakota.co.id/berita/kota/1834-taman-manggarai-jadi-sarang-pmks.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar