25 Agustus 2009

Aparat & PKL Bersihkan Jl Agus Salim

Aparat & PKL Bersihkan Jl Agus Salim
Selasa, 21 April 2009 03:56
JAKARTA, BK
Ratusan pedagang kakilima (PKL) bersama aparat kecamatan dan Komando Rayon Militer (Koramil) Menteng, Jakarta Pusat, membahu-membahu membersihkan Jl H Agus Salim, Minggu (20/4). Hasilnya kawasan sepanjang 1.500m yang semula kusam, kotor, dan setiap siang hari menebarkan aroma tak sedap, mendadak kinclong.

Kerjabakti itu dilakukan dengan mengerahkan dua kendaraan pemadam kebakaran di bawah kendali Wakil Walikota Jakpus Asep Syarifuddin dan Camat Menteng H Efri. Petugas menyemprotkan air dari tangki armada pemadam, sementara aparat Kecamatan Menteng bersama PKL menyikat seluruh badan trotoar dengan detergen.

Wakil Walikota mengatakan, kepedulian para pedagang Jl Sabang sangat positif. Dia mengharapkan ditiru oleh PKL di wilayah lainnya. Namun, diingatkan agar aksi tersebut jangan hanya dilakukan sekali saja, tapi jika mungkin dilakukan dua atau tiga bulan sekali.

"Pedagang jangan hanya mementingkan keuntungan semata, harus peduli kebersihan. Pedagang makanan itu kan selalu memroduksi sampah dan menyisakan kotoran yang baunya tak sedap. Jadi mereka berkewajiban membersihkannya," katanya.
Dikatakan, pemerintah tidak melarang warga berusaha, namun harus pada tempatnya. Pedagang juga harus bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan.

Robi, ketua kelompok PKL berjanji akan mengajak rekan-rekannya untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat usaha masing-masing. "Terus terang saja, kami tidak keberatan melakukan kerja bakti ini, karena kebersihan memberikan keuntungan bagi pedagang sendiri," akunya.

Sebagaimana diketahui, di lokasi tersebut setiap malam tumpah ruah ratusan PKL. Mereka pedagang makanan mulai dari sate, nasi goreng, mie ayam, pecal lele, dan sebagainya. Sampah yang dibuang sembarangan oleh pedagang membuat kawasan menjadi kotor dan kusam. Bahkan bila siang tiba, bau busuk menyeruak dari selokan. Agar kawasan tetap terjaga, sangat patut rencana yang dikumandangkan Pemko Jakpus ditindaklanjuti. O amh

http://www.beritakota.co.id/berita/kota/3206-aparat-a-pkl-bersihkan-jl-agus-salim.html

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar