31 Agustus 2009

Ramadhan, Pengiriman Uang TKI Bakal Naik Dua Kali Lipat

Kamis, 27 Agustus 2009

Laporan wartawan KOMPAS Gregorius Magnus Finesso

BANDUNG, KOMPAS.com Pengiriman uang dari tenaga kerja Indonesia ke kampung halamannya di Jawa Barat lewat jasa Western Union PT Pos Indonesia selama bulan Ramadhan diperkirakan mencapai Rp 400 miliar. Jumlah tersebut naik dua kali lipat dari kondisi normal sekitar Rp 200 miliar per bulan.


Manajer General Affair Kantor Wilayah Usaha Pos V Jawa Barat Hari Hermawan mengatakan, seperti tren yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, pengiriman uang dari TKI yang bekerja di luar negeri selalu melonjak selama bulan puasa. "Puncaknya akan terjadi pada minggu kedua bulan September," jelasnya, Kamis (27/8) di Bandung.


Selama periode Januari-Juli 2009, pengiriman uang melalui jasa Western Union PT Pos ke Jabar mencapai Rp 1,6 triliun. Jumlah tersebut meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun 2008 sebesar Rp 770 miliar.

Peningkatan pengiriman uang pada bulan Juli, dikatakan Hari, memang sudah mulai meningkat. Namun, volumenya akan lebih melonjak memasuki bulan Agustus dan September.


KOMPAS Gregorius Magnus Finesso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar