25 Agustus 2009

Jelang Lebaran, TKI Asal Subang Kirim Rp 1 Miliar per Hari

Sabtu, 22 Agustus 2009


TEMPO Interaktif, Subang - Paket pengiriman uang tunai dari tenaga kerja Indonesia asal Kabupaten Subang, Jawa Barat, di luar negeri yang ditransfer melalui kantor pos menjelang Ramadan sehari rata-rata mencapai Rp 1 miliar.

"Yang terbesar kiriman TKI yang bermukim di Arab Saudi, Malaysia, Hong Kong, dan Singapura," kata Ika Mustikasari, Supervisor Kantor Pos Cabang Subang, Sabtu (22/8).

Transfer uang yang menjadi primadona tenaga kerja Indonesia ke kantor pos dilakukan melalui jasa Western Union. Pasalnya, pelayanannya dinilai mudah dan fasilitasnya sampai ke kantor-kantor pos di kecamatan. "Transaksinya mencapai 7.600 pengiriman," kata Ika. Para tenaga kerja Indonesia asal Subang kebanyakan tinggal di pedesaan.

Pengiriman uang tenaga kerja Indonesia tahun ini mengalami peningkatan cukup tinggi dibanding menjelang Ramadan tahun lalu yang hanya mencapai 6.000 transaksi pengiriman. Uang yang ditransfer pun sudah dalam bentuk rupiah.

Menurut Ika, pengiriman uang besar-besaran dari tenaga kerja Indonesia ditujukan buat bekal puasa dan lebaran keluarganya di kampung halamannya dilakukan sejak sebulan menjelang Ramadan. "Tapi, puncak pengiriman biasanya terjadi pada H-14 menjelang lebaran," ujar Ika.

Kusnadi, asal Desa Bale Bandung, Kecamtan Pabuaran, suami dari seorang TKI yang bekerja di Arab Saudi, mengaku rutin mendapatkan kiriman isterinya menjelang Ramadan. "Jumlahnya cukup lumayan," kat Kusnadi.

Tapi, ia menampik menyebutkan besarnya kiriman. "Cukuplah buat biaya selama puasa dan lebaran," kata Kusnadi sambil tersenyum.

NANANG SUTISNA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar