25 Agustus 2009

BNI-XL Kerjasama Demi Mudahkan TKI

Republika

Selasa, 25 Agustus 2009


JAKARTA--PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk bekerjasama dengan PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) menghadirkan layanan "Transfer Instan – Kirim Seketika Via XL" secara online di 1.000 kantor BNI di seluruh Indonesia, Senin (24/8). Hal ini dilakukan untuk memudahkan para TKI yang berada di Malaysia dan Hong Kong dalam melakukan transfer dana.

Darwin Suzandi, Direktur Konsumer BNI menyatakan, bahwa layanan ini melengkapi layanan pengiriman uang yang telah ada di BNI. Sebelumnya, kata dia, BNI telah memiliki produk tabungan BNI TKI yang fitur dan fasiitasnya didesain khusus bagi para TKI.

Layanan Transfer Instan ini, katanya, menjadi nilai tambah bagi para TKI dalam melakukan transaksi pengiriman uang secara mudah, murah dan cepat.

Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi, menyatakan, "fasilitas ini akan memudahkan saudara-saudara kita yang berada di Malaysia dan Hong Kong untuk mengirimkan uang kepada keluarganya," katanya.

Malaysia dan Hongkong, menurutnya, adalah salah satu tujuan utama sebagian dari orang Indonesia untuk mencari sumber penghidupan yang lebih baik. Di sana, katanya, setidaknya ada sekitar 2,5 juta TKI. "Layanan ini bukan semata-mata demi mengejar potensi pasar yang ada, namun lebih mengedepankan misi untuk membantu para TKI di sana," kata Hasnul.

Untuk dapat menikmati kemudahan layanan ini, kata Darwin, masyarakat baik pengirim dan penerima tidak harus memiliki akun di bank. " Yang penting penerima yang dituju memiliki nomor XL, baik prabayar maupun pascabayar," katanya.

Pada saat TKI atau pelanggan BNI di Hongkong akan melakukan pengiriman uang menggunakan layanan Transfer Instan, kata Hasnul, pengirim  hanya cukup memberikan data diri serta penerima dana di Indonesia yang berupa nomor identitas diri (KTP), tanggal lahir dan nomor selular. 

Biaya pengiriman dari Hongkong adalah HKD 15 untuk pengiriman dana dengan nilai sampai HKD 1000. Lebih lanjut Hasnul menambahkan bahwa khusus untuk di Malaysia, XL bekerjasama dengan salah satu anggota dari Axiata Group yaitu CELCOM Malaysia untuk mengembangkan layanan ini. 

Tarif promo atas layanan ini, menurutnya, adalah 5 RM (Ringgit Malaysia), dan untuk sementara ini maksimal dana yang bisa dikirim dibatasi sampai 1000 RM. Biaya dikenakan ke pihak pengirim saat proses pengiriman, sementara penerima dana tidak dikenakan biaya apapun. Jika dalam batas waktu 14 hari dana tersebut tidak diambil, maka dananya akan dikembalikan ke mobile-wallet pengirim.  c88/ahi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar