25 Agustus 2009

BP3TKI Sumut Berangkatkan 1.000 TKI

Agustus 24, 2009

MEDAN (Pos Kota) - Lebih kurang 1.000 TKI yang akan bekerja di sektor formal di Malaysia pada September 2009 akan diberangkatkan oleh Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Sumatera Utara.


Kepala BP3TKI Sumut H Sumadi, Senin (24/8), mengatakan permintaan Malaysia untuk TKI yang bekerja di bidang formal seperti konstruksi, perkebunan dan perusahaan pembuat sarung tangan cukup besar.


"Untuk bulan September mendatang, perusahaan-perusahaan di Malaysia itu telah mengajukan permintaan lebih dari 1000 TKI,"ujarnya.


Namun, kata dia, kendala justru ada pada perekrutan TKI yang umumnya sulit didapatkan untuk diberangkatkan pada bulan September mendatang. Hal itu disebabkan adanya perayaan Lebaran pada bulan itu. "Umumnya, calon-calon TKI itu tidak ingin merayakan Lebaran di perantauan," katanya.


Sedangkan pada Juli hingga pertengahan Agustus 2009, BP3TKI Sumut telah memberangkatkan sekitar 850 TKI untuk bekerja di sektor formal tersebut.


"Pihaknya belum merencanakan pemberangkatan TKI yang bekerja di bidang nonformal seperti pembantu rumah tangga," tambahnya. (samosir/dms)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar