25 Agustus 2009

Pagar Menjorok ke Kali Segera Dibongkar

Pagar Menjorok ke Kali Segera Dibongkar
Selasa, 31 Maret 2009 21:50
JAKARTA, BK
Sudin PU Tata Air Jakarta Barat akan segera membongkar pagar dan cor beton selebar 5 meter dan panjang 100 meter yang menjorok ke badan Kali Sekretaris. Tembok tersebut dibangun seorang warga RT 08/01 Komplek Perumahaan Kebon Jeruk Baru.

"Saat ini kami tinggal menunggu surat perintah bongkar. Bila ternyata diacuhkan juga terpaksa dibongkar paksa," ujar Kasudin PU Tata Air Heryanto, Minggu (29/3).

Bangunan yang sudah  cukup lama itu membuat kali menjadi  dangkal, air pun meluap ke pemukiman bila hujan deras turun. "Tidak ada pilih kasih dalam melakukan pembongkaran. Bila pemilik tidak segera membongkar, kami yang melaksanakan supaya mudah dibersihkan," katanya.

Sementara PU Tata Air Jakarta Timur terus melakukan pemeliharaan dan perawatan saluran air di sepanjang jalan arteri. "Harus juga diingat pengerukan yang kita lakukan tidak semata-mata karena sedang ada penilaian Adipura. Namun memang harus kita lakukan terus-menerus" ujar  Kasudin PU Tata Air  Maman Suriaman,  Senin (30/3).

Dikatakan  Maman, saluran air di Jaktim sangat membutuhkan  perhatian ekstra  terutama pada musim hujan. Sampah,  lumpur, serta kotoran yang sudah dikeruk dari saluran akan kembali menumpuk begitu hujan turun karena terbawa air.   

Saluran air yang sudah dikeruk dan dibersihkan di antaranya sepanjang Jl Pemuda, Jl DI Panjaitan,  Jl Letjen Soetoyo, Jl Raya Bekasi Timur, Jl Raya Bekasi Barat, dan JL Otista Raya. "Pengerukan jalan-jalan protokol memang tugas kita. Namun Kali Utan Kayu sifatnya hanya mengawasi, yang melakukan pengerukan  adalah tugas  Dinas PU," tambahnya.

Untuk memaksimalkan perawatan seluruh saluran pihaknya berkoordinasi dengan kecamatan dan kelurahan. Pihak kecamatan dan kelurahan diharapkan bisa menjaga saluran di wilayah masing-masing. "Kalau saluran tersumbat air akan tumpah ke jalan.  Ini yang harus  terus kita jaga dan awasi," tukasnya. O lia

http://www.beritakota.co.id/berita/kota/1360-pagar-menjorok-ke-kali-segera-dibongkar.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar