28 Agustus 2009

Meninggal di Kolong Jembatan; Jenazah Halimah Tiba di Indonesia dari Arab Saudi

28/08/2009

Irwan Nugroho - detikcom


Jakarta, Jenazah Halimah binti Kohar, pembantu rumah tangga yang meninggal di Arab Saudi, telah dipulangkan ke Indonesia. Halimah dilaporlan meninggal akibat sakit dan terlantar di kolong jembatan di Jeddah.

Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah mengatakan, jenazah Halimah tiba di Bandara Soekarno-Hatta pukul 13.35 WIB, Jumat (28/8/2009).

Jenazah perempuan asal Cianjur, Jawa Barat, itu diterbangkan dengan pesawat Saudi Arabia Airlines SV 828. Keluarga Halimah ikut menjemput jenazah di bandara.

Anis menceritakan, Halimah berangkat ke Jeddah melalui PT Avida Avia Duta pada 18 Desember 2007. Dia bekerja sebagai PRT pada seorang majikan bernama Abdul Wahab Muhammad Hasan Kholil.

Dikatakan dia, Halimah pernah dua kali mendatangi KJRI Jeddah untuk mengadukan perlakuan majikannya. Namun, dia selalu berhasil dibawa kembali oleh Kholil untuk bekerja di rumahnya. Penyiksaan yang dialami Halimah makin menjadi-jadi, hingga akhirnya perempuan itu jatuh sakit dan kakinya lumpuh.

"Namun Halimah tetap bekerja hingga majikannya membuang Halimah ke kolong jembatan Al Kandarah di Jeddah dengan menggunakan taksi," jelas Anis.

Di tempat itulah, lanjut Anis, Halimah bertemu dengan ratusan buruh migran lainnya yang juga terlantar. Selama dua minggu, Halimah bertahan dan berharap bisa dipulangkan ke Indonesia sebelum meninggal.

"Namun akibat kelambanan KJRI Jeddah, Halimah akhirnya meninggal dunia," cetus Anis sambil mengatakan Halimah meninggal pada 3 Agustus 2009 pukul 04.00 waktu Jeddah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar