24 Agustus 2009

Pemerintah Belum Berniat Pulangkan TKI

Louisa Kusnandar

18/08/2009
Liputan6.com, Jakarta: Lebih dari lima ratus orang tenaga kerja Indonesia (TKI) masih telantar di kolong jembatan di Kota Jeddah, Arab Saudi. Mereka harus mandi dan melakukan aktivitas lain dengan beratapkan kolong jembatan. Keinginan untuk mendapat perhatian pemerintah supaya dapat dipulangkan ke Indonesia secepatnya tampaknya masih sebatas harapan.

Pemerintah melalui Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda di Jakarta, Selasa (18/8), menyebutkan bahwa para buruh migran yang tinggal di kolong jembatan itu adalah ilegal. Sayangnya, pengamatan Hassan tidak terlalu tepat karena berdasarkan pantauan SCTV di lapangan, terdapat TKI legal yang harus kabur dari majikan yang menyiksa mereka.

Salah satu TKI yang pernah tinggal di kolong jembatan itu adalah Halimah. Kepada SCTV, Halimah sempat menunjukkan surat resminya sekaligus berharap bisa pulang ke Indonesia. Namun ajal menjemputnya terlebih dulu pada 3 Agustus silam. Keluarga Halimah di Cianjur, Jawa Barat, hanya bisa melihat dari jauh kematiannya. Bahkan jasadnya pun belum dapat kembali ke Tanah Air.(JUM/LUC)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar