27 Agustus 2009

Ramadan, Kiriman Uang TKI di Kantor Pos Lumajang Meningkat

Rabu, 26/08/2009

Harry Purwanto - detikSurabaya

Lumajang - Awal Ramadan, pengiriman uang dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri mencapai Rp 5 Miliar. Meningkat 400 persen dibandingkan tahun 2008 lalu yang hanya Rp 1 miliar.

Rata-rata kiriman para TKI sebesar Rp 1 juta-5 juta. Padahal pada hari biasa kiriman setiap TKI tidak melebihi dari Rp 1 juta.

"Mereka mengirimkan uang untuk keluarganya di desa-desa melalui western union, " kata Kasi Pelayanan Kantor Pos Lumajang, Heny Setyo Nusanto kepada detiksurabaya.com di kantornya di Jalan Dr Soetomo, Rabu (26/08/2009).

Pengiriman uang para TKI masih didominasi dari Malaysia dan Arab Saudi sedangkan sisanya kiriman dari Jepang dan Hongkong. "Kami perkirakan lebaran nanti jumlah uang yang dikirimkan oleh TKI mencapai angka Rp 6 miliar," ungkapnya.

Banyaknya TKI yang mengirim lewat kantor pos menurut dia. Karena adanya kemudahan bagi keluarga atau kerabat ketika mengambil uang. Pihak keluarga hanya menunjukkan foto copy KTP maka uang langsung cair.

"Untuk pengambilan uang yang dikirim lewat westren union penerima tidak kena biaya administrasi. Kita bisa mengecek dan menyetorkan uang ke pos dan berapa jumlahnya melalui internet. Proses pencairannya pun cepat," tuturnya.
(wln/wln)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar