28 Juni 2009

Tiga Kakak-Beradik di Trenggalek Terserang Gizi Buruk

Minggu, 28 Juni 2009

TEMPO Interaktif, Trenggalek - Tiga kakak beradik dalam satu keluarga di Desa Depok, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur dilaporkan mengalami gizi buruk. Saat ini (28/6) mereka tengah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Soedomo karena kondisi tubuhnya yang lemah. 

Kondisi gizi buruk ini dialami tiga kakak beradik yakni Misjem, 25 tahun, Cemblek, 16 tahun, dan Sulis, 13 tahun. Di usia yang sudah dewasa, berat badan Misjem hanya mencapai 25 kilogram. Kondisi yang sama dialami adiknya, Cemblek. Cemblek memiliki berat 22 kilogram. Demikian pula dengan si bungsu Sulis yang hanya memiliki berat badan 16 kilogram saja.

Menurut dr Agus Dahana, salah satu tim medis di rumah sakit itu, ketiga pasien tersebut mengalami kekurangan asupan gizi. Bahkan saat ini ketiganya mengalami gangguan sesak nafas dan memerlukan bantuan oksigen. "Mereka mengalami bising jantung atau detak tak beraturan," kata Agus yang merawat mereka.

Agus menduga penyakit jantung yang diderita ketiga pasiennya ini akibat lemahnya kondisi fisik mereka. Bahkan jika tidak ada kecukupan gizi yang baik, ketiganya akan mudah terserang berbagai penyakit lainnya. 

Terlebih lagi saat ini mereka mengalami kekurangan zat yodium hingga menyebabkan Anemia. Bahkan Misjem dan Cemblek sudah terserang pembesaran limpa. 

Agus menambahkan selain faktor kekurangan gizi, serangan penyakit tersebut juga dipicu oleh kondisi asam urat yang cukup tinggi. Jika tidak segera ditangani sel otot pasien bisa terpecah dan berakibat kematian. "Kami terus memberikan transfusi derah ke mereka," kata Agus.

HARI TRI WASONO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar