25 Juni 2009

Tahun Ini, Ada 124 Penderita HIV/AIDS di Kalsel

Jumat, 26 Juni 2009

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Penderita virus HIV/AIDS di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada 2009 hingga saat ini mencapai 124 orang.
    
Namun, jumlah tersebut tidak menggambarkan keadaan sebenarnya, karena diduga masih ada penderita HIV/AIDS yang belum terdata, kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalsel Drg.H. Rosihan Adhani,M.Kes di Banjarmasin, Jumat (26/6).
    
Berdasarkan data yang tercatat hingga Juni 2009 di Dinkes Kalsel dari 124 penderita HIV/AIDS tersebut di antaranya 92 orang penderita HIV dan 32 orang penderita AIDS.
    
Dari 32 orang penderita AIDS tersebut 10 orang di antaranya telah meninggal dunia dan sisanya 22 orang masih dalam perawatan serta pengawasan petugas kesehatan, tambahnya.
    
Tidak banyak penderita HIV/AIDS yang mau didata atau diperiksa, pasalnya para penderita penyakit itu merasa takut jika dirinya dinyatakan positif mengidap virus mematikan tersebut.
    
Selain itu, para penderita HIV/AIDS seringkali mendapatkan sanksi sosial oleh lingkungan sekitarnya dan tidak jarang para penderita HIV/AIDS dikucilkan dari masyarakat yang menganggap para penderita bisa menularkan penyakit tersebut.
    
Virus HIV/AIDS bisa menular melalui hubungan intim, transfusi darah, dan jarum suntik. Namun fenomena di Kalsel, penularan virus HIV/AIDS yang tertinggi diduhga melalui hubungan intim.
    
Cara pencegahan agar seseorang tidak tertular virus HIV/AIDS yaitu dengan tidak menerapkan hubungan intim secara bebas dengan berganti-gantian pasangan serta tidak menggunakan jarum suntik bekas penderita HIV/AIDS.
    
Meski berhubungan intim dengan penderita HIV/AIDS, seseorang bisa saja tidak terjangkit virus tersebut asalkan menggunakan alat kontrasepsi yaitu kondom.
    
Setiap penderita HIV/AID dapat memperpanjang umurnya dengan mengonsumsi obat-obatan memperkuat daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, jika seseorang dinyatakan positif menderita HIV/AIDS maka jangan sungkan untuk mendapatkan perawatan puskesmas atau rumah sakit.
    
Kalsel saat ini berada di peringkat ketiga di antara empat provinsi di Kalimanatan, posisi pertama diduduki Kalimantan Barat, disusul Kalimantan Timur, Kalsel, dan Kalimantan Tengah, kata Rosihan.

Sent from Indosat Blackberry powered by  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar