28 Juni 2009

MASIH ADA KASUS GIZI BURUK DI NTB

Friday, 26 June 2009 Lomboknews.com

MATARAM – Temuan kasus gizi buruk anak-anak di Nusa Tenggara Barat (NTB) selama empat bulan terakhir masih terjadi. Selama periode empat bula pertama Januari – April 2009, sudah mencapai 268 orang anak dan 23 diantaranya meninggal dunia. Sedang dalam perawatan sebanyak 63 orang anak. Sedangkan 2008 lalu terdapat 466 kasus dan yang meninggal 20 orang.

Masih adanya temuan kasus gizi buruk tersebut dikemukakan Kepala Dinas Kesehatan NTB dr.Moch. Ismail kepada wartawan, Jum'at (26/6-2009) pagi ini. Diketahuinya bahwa temuan kasus tersebut berkat kegiatan baru yang dilakukan untuk secara dini mendapati penderita gizi buruk. ''Surveilance aktif agar tidak terlambat penangannya,'' kata Ismail.

Menurutnya, para penderita gizi buruk secara singkat dirujuk ke Therapy Feeding Center (TFC) yang ditetapkan. Setiap kabupaten kota se NTB sudah menyiapkan TFC untuk pendekatan pelayanan. ''Kami ingin kasusnya menurun,'' ujarnya. Dikatakan bahwa selain akibat keterbatasan akses ekonomi, derita gizi buruk di NTB juga disebabkan penyakit penyerta.(supriyantho khafid/lomboknews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar