28 Juni 2009

Polres Semarang Bekuk Kawanan Pembius TKI

Senin, 29 Juni 2009 | 11:45 WIB
Laporan wartawan KOMPAS Antony Lee

SEMARANG, KOMPAS.com - Personel Kepolisian Resor Semarang, Jawa Tengah, meringkus empat orang anggota kawanan pembius tenaga kerja Indonesia yang baru pulang ke tanah air.

Para pelaku profesional dan diduga bagian dari jaringan nasional karena sudah mengetahui jadwal kedatangan TKI, termasuk mereka membuntuti korban dengan naik pesawat yang sama. Empat pelaku tersebut, Guntoro (33), Ahmad Sujadi (31), Ghozali (32), dan Turyato (35), diringkus Minggu kemarin, di salah satu hotel di Kota Solo dan dibawa ke Polres Semarang.

Keempat pelaku ini kepada penyidik mengaku sudah menjalani aksi 2 kali di Semarang dan Solo, serta 10 kali di Jakarta. "Kami berhasil melacak mereka setelah ada Sriwahyuni (39)korban TKW yang dibius korban dan dibuang di Kalongan, Ungaran Timur Sabtu malam. Korban ternyata masih mengenali kendaraan yang digunakan pelaku," kata Kepala Polres Semarang Ajun Komisaris Besar Edi Swasono didampingi Kepala Satuan Reskrim Ajun Komisaris Khundori, Senin (29/6).

Korban diikuti pelaku sejak mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta. Salah seorang pelaku mengikuti korban menaiki pesawat yang sama hingga mendarat di Bandara Ahmad Yani Semarang. Rekan korban sudah menunggu di Semarang dengan satu unit mobil. Korban diajak naik mobil yang sama menuju rumahnya di Rembang. Dalam perjalanan korban diberi minuman yang sudah dicampur obat bius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar