28 Juni 2009

Ribuan Orang Bersihkan Monas

Minggu, 28 Juni 2009

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam menyambut HUT ke-482 Jakarta dan merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada awal Juni, sebanyak 2.500 orang membersihkan sampah di 10 titik kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Sabtu (28/6).

"Kami ingin memberi kado pada HUT Jakarta dengan membersihkan Monas. Kenapa Monas? Karena ini adalah ikon Jakarta. Ingat Jakarta, ingat Monas," kata Vice President Corporate Sustainability HSBC Furiyanti yang ditemui tengah membersihkan sampah di Monas.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program corporate social responsibility yang salah satu pilarnya adalah menangani lingkungan hidup. "Bulan ini kami khususkan untuk lingkungan hidup dengan tema save, reduce, and recycle," ungkap Fury.

Menurut Fury, para peserta tidak hanya memungut sampah, tetapi juga memilahnya, mana yang organik dan mana yang nonorganik. "Yang organik langsung dibuat biopori. Yang nonorganik dikumpulkan dan diberikan kepada LSM yang bergerak di pembuatan produk daur ulang," kata Fury.

Pada acara ini juga diberikan plakat kepada tiga tokoh lingkungan hidup. Pertama, Ida Suwardiyah. Ia bersama ibu-ibu RW 4, Kelurahan Kapuk Utara, Jakarta Utara, mendirikan kelompok Seven Moms untuk mengelola sampah plastik menjadi barang bernilai ekonomis.

Kedua, Dwijo. Ia mendirikan kelompok Ancol Sayang Lingkungan untuk mengelola sampah kertas menjadi kertas daur ulang.

Ketiga, Ninik Nuryanto. Tokoh terakhir ini mengumpulkan informasi seputar titik hijau Jakarta. "Kami dari HSBC memilih mereka juga berdasarkan informasi dari pemerintah kota," kata Fury.

Lebih lanjut, Fury mengharapkan bahwa apa yang dilakukan 2.500 orang ini tidak berhenti di sini, tetapi sepulang dari sini bisa menjadi sebuah gaya hidup untuk peduli lingkungan. "Hal ini seperti yang dipesankan oleh Bang Foke (Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo) yang mengatakan bahwa ini merupakan tindakan awal terjadinya perubahan perilaku. Yang ada di sini sebagai agen untuk perubahan perilaku bagi yang lainnya," tandas Fury.

Para peserta terdiri atas para karyawan dan staf HSBC se-Jabodetabek serta Bank Ekonomi karyawan dan keluarga. "Kami (HSBC) kan baru saja mengakuisisi Bank Ekonomi, ajang ini sekalian untuk berkenalan," tuturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar