10 Mei 2009

Pemkot Bekasi Bangun Rumah Pemulung

Pemkot Bekasi Bangun Rumah Pemulung
Minggu, 10 Mei 2009 18:25 WIB     
Penulis : Golda Eksa

JAKARTA--MI: Semrawutnya keberadaan pemulung di lokasi tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) Bantar Gebang memaksa Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi bangun lokalisasi rumah pemulung.

"Ribuan pemulung yang tidak mendapat rumah hunian layak segera singgah ketempat yang baru, walaupun sederhana," kata Walikota Bekasi Mochtar Mohamad, Minggu (10/5).

Pembanguan proyek perumahan pemulung ini, lanjutnya, bekerjasama dengan pihak pengelola TPST PT Godang Tua Jaya (GTJ). Adapun untuk tahap pertama pemerintah pada 2009 ini akan medirikan 100 rumah permanen dengan tembok berbahan triplek tebal dan berada dilahan milik Pemkot Bekasi disamping area Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumur Batu.

"Tiap warga (pemulung) di area lokalisasi rumah hunian baru nantinya membayar sewa Rp200 ribu/bulan," katanya.

Hal senada dikatakan Direktur Utama (Dirut) PT GTJ Rekson Sitorus. Katanya, pihak pengelola TPST telah menjalin kerjasama untuk menertibkan pemulung.

Bahkan, imbuhnya, 100 dari total 1.500 pemulung di TPST telah dipekerjakan oleh pengelola tempat pembuangan sampah Jakarta ini menjadi karyawan lepas mengelola sampah menjadi pupuk kompos dan pamswakarsa.

"Intinya pemulung akan dipekerjakan dengan layak di area pengolahan sampah," ujarnya. (GG/OL-02)

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar