10 Mei 2009

20 Persen Wilayah Jakarta Permukiman Kumuh

 
20 Persen Wilayah Jakarta Permukiman Kumuh
Minggu, 10 Mei 2009 18:54 WIB     

20_Persen_Wilayah_Jakarta_Permukiman_Kumuh_

DOK MI

JAKARTA--MI: Permukiman kumuh di seluruh DKI Jakarta mencapai 20% dari total 425 kilometer persegi wilayah kawasan permukiman. Karena itu, program perbaikan kampung kumuh terus digulirkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Dari total 425 kilometer persegi luas permukiman di wilayah DKI Jakarta, 20% merupakan permukiman kumuh," jelas Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dalam peresmian program Bebenah Kampung di Kelurahan Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara, Minggu (10/5).

Untuk itu, pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kata Foke, memiliki sejumlah program perbaikan kampung kumuh seperti Bedah Rumah dan MHT versi Baru. Salah satu program bedah rumah saat ini tengah dikerjakan di Johar, Jakarta Pusat. "Kita sudah menyelesaikan 200 rumah di kawasan ini," jelas Foke.

Namun ia tidak menjelaskan jumlah dana yang digulirkan untuk program tersebut. "Program tersebut sudah digulirkan tahun ini," jelasnya.

Sementara itu, dalam program Bebenah Kampung di Pademangan, Fauzi sempat menyusuri gang-gang sempit dan berdialog dengan warga yang rumahnya menjalani perbaikan.

Program Bebenah Kampung ini dilakukan atas kerjasama Yayasan Budha Suci, Kodam Jaya, dan Pemprov DKI. Program ini saat ini telah berhasil memperbaiki 167 dari 200 rumah warga di kawasan Pademangan Barat.

Ketua Program Bebenah Kampung Yayasan Budha Suci Paulus Utomo mengatakan program ini merupakan bagian dari upaya untuk saling berbagi dengan sesama.

Ia menjelaskan untuk mengikuti program ini warga yang mengikuti program ini juga harus memenuhi sejumlah persyaratan. Di antaranya rumah tersebut harus rumah sendiri dan memiliki surat-surat. "Untuk setiap rumah kami anggarkan sekitar Rp30 juta-Rp40 juta," jelasnya.

Agus Yatim, 42, salah satu warga yang rumahnya diperbaiki mengaku sangat gembira karena saat ini tidak lagi kebanjiran. "Tadinya, nggak musim kering dan musim hujan selalu kebanjiran. Sebab rumah saya 80 cm di bawah jalan," jelas pria yang berprofesi sebagai pedsagang tersebut. (Hde/OL-02)

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar