07 Mei 2009

Pedagang Terminal Tanjung Priok Akan Ditertibka

Pedagang Terminal Tanjung Priok Akan Ditertibkan

Selasa, 05 Mei 2009 | 14:35 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Pedagang yang berjualan di dalam areal Terminal Tanjung Priok akan ditertibkan. Ini merupakan langkah awal dari proses relokasi Terminal Tanjung Priok. 

"Supaya tidak mengganggu arus lalu lintas di dalam terminal," kata Wakil Wali Kota Jakarta Utara Atma Sanjaya, di Kantor Wali Kota, Jakarta (5/5). "Kami akan tata supaya lebih rapi lagi."

Sebelumnya, pemerintah Jakarta Utara berencana memindahkan lokasi Terminal Tanjung Priok. Pasalnya, kondisinya yang sempit dan tidak lagi mampu menampung volume kendaraan.

Dari total 10.963 meter persegi luas terminal, hanya 7200 yang berfungsi sebagai tempat kendaraan. Seluas 1.000 meter persegi disita oleh halte busway yang hingga kini belum beroperasi.

Sisanya, sekitar 2000 meter persegi digunakan sebagai tempat kantor terminal dan rumah makan serta dagangan lain. Letak rumah makan dalam lingkungan terminal juga tidak teratur. Sebagian menghuni sebelah utara dan sebagian lain menghuni bagian timur.

Pada bagian utara, tidak ada pembatas lahan terminal dengan rumah makan yang didominasi lapo. Sementara di bagian timur, dibatasi pagar dan tertutup oleh halte busway. Kondisi ini membuat terminal Tanjung Priok lebih semrawut.

Menurut Atma, para pedagang nantinya akan dicarikan tempat untuk usaha mereka. Para pedagang diperkirakan, kata dia, direlokasi ke dalam lokasi stasiun Tanjung Priok yang bersebelahan dengan terminal. 

TITO SIANIPAR
http://www.tempointeraktif.com/hg/tata_kota/2009/05/05/brk,20090505-174535,id.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar