10 Mei 2009

Bogor Siapkan Rp 1,7 Miliar untuk Rumah Tak Layak Huni

Bogor Siapkan Rp 1,7 Miliar untuk Rumah Tak Layak Huni

Jum'at, 08 Mei 2009 | 14:50 WIB

TEMPO Interaktif, Bogor: Pemerintah Kabupaten Bogor menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,7 miliar untuk membantu proses renovasi 550 rumah warga tak layak huni di 11 desa dan 11 Kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Masing-masing desa ada 50 unit rumah yang akan diberikan dana stimulan untuk membantu biaya rehab rumah yang tidak layak huni tersebut. Setiap rumah akan diberikan uang sebasar Rp 3,3 juta," Kata Kepala Dinas Tata Bangunan dan Pemukiman, Pemkab Bogor, Mas'an Djajuli, di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (8/5).

Pelaksanaan program tersebut, kata Mas'an, akan dilakukan oleh masing-masing Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di masing-masing desa. "Jadi dana tersebut nantinya akan disalurkan melalui rekening masing-masing LPM," ungkap dia.

Kriteria warga yang akan diberikan dana stimulan tersebut antara lain yang alas rumahnya masih tanah, masih menggunakan dinding dari bilik bambu, tidak memiliki ventilasi udara yang cukup.

Ia menambahkan program renovasi rumah tidak layak huni ini sendiri ditargetkan dapat dimulai pada pertengahan bulan Mei ini. "Sekarang dananya sedang diproses, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah dapat dicairkan," tegas dia.

Kamis ( 7/5) ini, Dinas Tata Bangunan dan Pemukiman, lanjut Mas'an, telah melakukan penandatanganan Perjanjian dengan pihak LPM di masing-masing desa. Pihaknya mengimbau agar tidak ada pemotongan-pemotongan terhadap dana yang akan digunakan untuk rehabilitasi rumah tak layak huni.

DIKI SUDRAJAT

http://www.tempointeraktif.com/hg/layanan_publik/2009/05/08/brk,20090508-175207,id.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar