05 Mei 2009

Atiqah Hasiholan Dilecehkan Imigrasi Malaysia

Selasa, 28 April 2009

Kapanlagi.com

Hubungan antara Indonesia dan Malaysia belum sepenuhnya menggambarkan keharmonisan dua negara. Perlakuan kasar dan sewenang-wenang kerap menjadi cerita menyedihkan bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di negeri Monarki itu.

Parahnya, institusi umum di Malaysia juga tidak dapat bersikap fair dengan warga Indonesia, meski sekalipun kepada para pelancong. Kenyataan ini dialami artis Atiqah Hasiholan, Minggu lalu yang mendapat perlakuan pelecehan imigrasi negeri itu.


"Waktu itu saya ke Malaysia, waktu di Imigrasi ada razia. Pada waktu razia saya serahkan passport. Begitu tahu saya orang Indonesia, saya dibentak-bentak, kasar banget. Saya nggak tahu kenapa, apa karena aku bawa passport Indonesia," ungkap Atiqah dengan nada setengah bertanya.


Seharusnya, menurut Atiqah pelayanan umum seperti imigrasi bisa bersikap netral kepada para wisatawan. Tidak ada perlakuan diskriminasi bagi siapa pun, termasuk warga negara Indonesia.


"Seharusnya mereka tidak boleh memandang secara generalisasi bahwasannya orang Indonesia itu buruk semua. Karena saya merasa orang Malaysia juga ada yang buruk dan banyak yang baik juga," ungkapnya.


"Saya merasa kecewa saja diperlakukan kayak gini. Apalagi kita kan masih negara tetangga," tambah putri Ratna Sarumpaet itu mengaku kecewa.  (kpl/ang/dar)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar