13 Desember 2009

Sebanyak 80 Persen PSK di Batang Terserang Penyakit Seksual

Sebanyak 80 Persen PSK di Batang Terserang Penyakit Seksual


09/12/2009 00:16
Liputan6.com, Batang: Sedikitnya 80 persen dari 600 pekerja seks komersial yang mangkal di sejumlah lokalisasi di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, terserang penyakit infeksi menular seksual (IMS). "Risiko lagi, PSK yang mengidap penyakit itu masih melakukan praktik di sejumlah lokalisasi," kata Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Batang, Jatmiko, Selasa (8/12) seperti dikutip ANTARA.

Menurut Jatmiko, saat ini jumlah lokalisasi di Kabupaten Batang ada enam tempat yaitu Bong Cino, Boyongsari, Jrakah Payung, Wuni, Surodadi Barat, dan Suradadi Timur. Namun, katanya, kemungkinan para pelacur juga berpraktek di sejumlah warung remang-remang yang berada di sepanjang pantura Alas Roban dan Banyuputih sehingga penularan penyakit tersebut juga akan mudah menyebar.

"Penyakit IMS ini memang cepat dan mudah menular pada orang lain yang melakukan hubungan seks dengan penderita penyakit itu sehingga masyarakat kami imbau waspada," katanya. Jatmiko mengatakan, dari hasil skrining klinik IMS Puskesmas Banyuputih hingga November 2009, sedikitnya ada 50 PSK yang terserang Human Immunodeficiency Virus dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS).

Dari 50 pekerja komersial tersebut, katanya, hampir 50 persen masih melakukan praktik di lokalisasi jalur pantura Kabupaten Batang. "Dengan kondisi yang ada di Kabupaten Batang ini maka penyebaran HIV/AIDS sudah mengkhawatirkan karena jika 25 PSK yang mengidap HIV/AIDS masih beroperasi maka dimungkinkan dalam sebulan akan ada ratusan orang yang tertular penyakit itu," katanya.(JUM)

Sponsored Links

http://berita.liputan6.com/sosbud/200912/253906/Sebanyak.80.Persen.PSK.di.Batang.Terserang.Penyakit.Seksual


Tidak ada komentar:

Posting Komentar