08 Desember 2009

BPS: Penduduk Miskin di Pacitan 110.236 jiwa


Jumat, 4 Desember 2009

PACITAN | SURYA Online - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Jatim), mencatat jumlah penduduk miskin di wilayah tersebut mencapai 19,97 persen atau sekitar 110.236 jiwa.

Angka itu dihitung berdasar jumlah total penduduk yang ada sebanyak 557.029 jiwa, dibagi prosentase kemiskinan yang menurut BPS setempat mencapai 19,79 persen.

"Data ini berdasar hasil survei BPS tahun 2008," kata Kepala BPS Kabupaten Pacitan, Sunaryo, Jumat (4/12).

Secara kuantitas, prosentase kemiskinan di Kabupaten Pacitan lebih besar dibanding prosentase yang sama di tingkat provinsi Jatim maupun angka kemiskinan di tingkat nasional. Di Provinsi Jatim rasio kemiskinan yang tercatat berdasar hasil survei 2008 hanya sebesar 18,51 persen atau hampir satu persen di bawah prosentase kemiskinan di Kabupaten Pacitan.

"Angka atau prosentase di tingkat nasional lebih kecil lagi," kata alumni UGM jurusan statistik angkatan tahun 1983 ini.

Meski tergolong tinggi, Sunaryo mengatakan bahwa angka itu masih lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Perkiraan angka kemiskinan tersebut tidak langsung dilakukan oleh BPS Kabupaten Pacitan, melainkan oleh BPS Pusat dengan melibatkan jaringan struktural balai pusat statistik milik pemerintah ini di daerah-daerah.

Hasilnya, jika di tingkat pusat ditemukan angka kemiskinan sebanyak 15,42 persen, di Kabupaten Pacitan dari sekian sampel yang digunakan sebagai kelompok masyarakat yang tersurvei, 19,79 persen di antaranya masuk kategori penduduk miskin.

ant



Tidak ada komentar:

Posting Komentar