13 Desember 2009

Korban Kebakaran Tambora Tinggal di Tenda Pengungsian

Korban Kebakaran Tambora Tinggal di Tenda Pengungsian
Jumat, 11 Desember 2009 17:51 WIB 0 Komentar
Penulis : Intan Juita

Buzz up!


ANTARA/Ujang Zaelani
JAKARTA--MI: Ribuan warga Tambora, Jakarta Barat yang rumahnya musnah dilalap di jago merah dalam kebakaran kemarin, terpaksa tinggal di tenda pengungsian yang disediakan Pemkot Jakarta Barat di Lapangan Sepakbola Persima.

Hingga Jumat (11/12) siang para pengungsi korban kebakaran sudah dua kali memperoleh nasi bungkus dari posko bantuan. Namun mereka umumnya mengeluhkan tidak adanya fasilitas air bersih untuk MCK. Untuk kebutuhan mendesak mereka terpaksa mencari kamar mandi umum yang berada di sekitar lokasi.

Wali kota Jakarta Barat, Djoko Ramadhan yang meninjau lokasi kebakaran menginstruksikan kepada aparatnya untuk segera meneliti dinding bangunan sisa kebakaran. Ia meminta bangunan yang dinilai rapuh dan membahayakan harus secepatnya dirobohkan.

Kalau mau dibangun, tembok dirobohkan dulu kemudian dibangun tembok baru. "Jangan sampai jatuh korban jiwa karena tertimpa tembok yang rapuh," ujarnya.

Ia juga menginstruksikan Sudin Dikdas dan Sudin Dikmen agar mendata jumlah siswa yang menjadi korban kebakaran. Pendataan meliputi berapa siswa yang kehilangan seragam sekolah, buku serta perlengkapan sekolah lain. Selanjutnya pendataan diikuti dengan pemberian bantuan peralatan dan seragam.

"Saya minta kebakaran ini tidak terlalu lama mengganggu proses belajar mereka. Pada hari Senin mendatang, anak-anak harus kembali ke sekolah," pintanya.

Menurut Wakil camat Tambora, Isnawa Adji, berdasarkan hasil pendataan akhir, kebakaran itu menghanguskan 200 bangunan yang terdiri dari rumah tinggal dan bangunan lain. Sementara jumlah warga yang kehilangan tempat tinggal, mencapai 243 KK atau 1.578 jiwa.

Mereka semuanya ditampung di 8 tenda yang dipusatkan di lapang bola Persima, Kelurahan Kali Anyar. "Lapangan ini dipilih karena letaknya memang sangat dekat dan berbatasan langsung dengan kelurahan Jembatan Besi," paparnya. (Jui/OL-06)


http://www.mediaindonesia.com/index.php/read/2009/12/11/111002/38/5/Korban_Kebakaran_Tambora_Tinggal_di_Tenda_Pengungsian




 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar