13 Desember 2009

Perlu Dibuat Masterplan Pasar

13 Desember 2009 | 15:11 wib | Daerah
Perlu Dibuat Masterplan Pasar

Semarang, cyberNews. Upaya penyelamatan pasar tradisional serta penataan maraknya pasar modern serta PKL diwacanakan dengan rencana pengajuan usulan pembuatan masterplan. Hingga kini Pemkot belum memiliki panduan pengembangan pasar tersebut.

Kepala Dinas Pasar Kota Semarang, Ednawan Haryono mengatakan, adanya masterplan memiliki fungsi sebagai pemandu arah pengembangan pasar yang ada. Saat ini ada 41 pasar di Kota Semarang sehingga memang memerlukan konsep pengembangan yang jelas.

Apalagi saat ini serbuan pasar modern, terutama kategori minimarket, sudah merambah ke segenap kawasan permukiman. "Masterplan ini berfungsi pula untuk penataan," katanya, Minggu (13/12).

Ednawan menjelaskan usulan pembuatan masterplan tersebut diharapan bisa disetujui dan sudah bisa dimulai penggarapannya tahun 2010.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang, Agung Budi Margono mengatakan, sudah saatnya Kota Semarang memiliki masterplan itu. Sebanyak 41 pasar yang sudah ada perlu dilindungi dan dikembangkan, baik yang dikembangkan Pemerintah maupun swasta.

Jangan sampai keberadaan pasar ditinggalkan konsumen hanya karena pasar itu tidak terurus.

"Adanya rencana penutupan supermarket Robinson di Simpanglima itu berarti menunjukkan tidak semua pasar modern bisa berkembang baik. Perlu kebijakan-kebijakan yang bisa mengakomodasi kebutuhan pasar maupun investor. Jangan sampai dibukanya akses seluas-luasnya investor pasar modern, justru menjadikan investor trauma. Karena pasar tidak mau menyerapnya," terangnya.

Ia menyebutkan, yang lebih penting dilakukan sebenarnya bukan sekadar pembuatan masterplan. Komitmen Pemkot yang kuat untuk menghidupkan pasar tradisional serta penataan PKL justru lebih dibutuhkan.

"Apa artinya masterplan tanpa ada komitmen," paparnya.

Disebutkan pula pembangunan pasar, namun dalam perjalanannya tidak bisa berkembang baik, di antaranya Pasar Banjardowo dan Meteseh.

"Adanya masterplan setidaknya bisa memandu dalam pengembangan sebuah pasar,'' tandasnya.


http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2009/12/13/41971




Tidak ada komentar:

Posting Komentar