08 Desember 2009

Diduga Curi Raskin, Sekdes Dituntut Mundur


Selasa, 1 Desember 2009
okezone

SIDOARJO - Warga Desa Cangkring, Kecamatan Krembung, Sidoarjo, Jawa Timur, menuntut agar Legiman, sekdes setempat, mundur dari jabatannya. Pasalnya, warga menengarai Legiman menggelapkan jatah beras miskin (Raskin).

Bahkan, puluhan warga berunjuk rasa mendatangi kantor Kecamatan Krembung, Senin (30/11/2009). Mereka meminta camat setempat menonaktifkan Legiman.

Koordinator aksi Miyadi mengatakan, ada sembilan sak raskin yang diambil Legiman dari Balai Desa. Sembilan karung raskin itu masing-masing berisi 15 kilogram beras.

Raskin itu diangkut orang suruhan Legiman dari tempat penyimpanan di Balai Desa menuju rumahnya di RT 2 RW 3 Desa Cangring, pada Senin 16 November 2009. Aksi itu dipergoki warga yang langsung mendatangi rumah sekdes.

"Warga memergoki orang suruhan Legiman membawa beras raskin. Tapi ketika ditanya, malah berdalih hanya mengamankan beras itu," lanjut Miyadi.

Ulah sekdes Legiman membawa jatah raskin itu memicu kekesalan warga. Mereka pun mendesak agar Legiman mundur dan dicopot dari jabatannya sebagai sekdes. Bahkan, menurut warga ada indikasi ulah yang dilakukan Legiman bukan pertama kalinya.

Camat Krembung Prati Kusdijani yang didampingi Kapolsek Krembung AKP Harto pun mengklarifikasi hal tersebut kepada warga. Prati Kusdijani mengatakan pihaknya butuh waktu untuk memproses tuntutan warga.

"Yang bersangkutan statusnya PNS. Namun apapun nanti hasilnya setelah kita proses, mudah-mudahan baik bagi kedua belah pihak," ujar Prati.

Sebenarnya, Legiman sudah dinonaktifkan dengan menariknya menjadi staf Kecamatan Krembung sejak seminggu lalu. Jika warga masih protes, pihaknya akan memprosesnya sebelum diteruskan ke atasannya. (Abdul Rouf/Koran SI/lam)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar