29 Juli 2009

Sekitar 500 Makam Tergusur Proyek Kanal Timur

Sekitar 500 Makam Tergusur Proyek Kanal Timur

Rabu, 29 Juli 2009 | 18:09 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta - Kanal Banjir Timur tidak hanya menggusur pemukiman warga. Sebanyak 587 jenazah di Taman Pemakaman Umum Malaka, Pondok Kelapa, Jakarta Timur pun tidak luput dari gusuran.

"Letaknya sekitar 100 meter dari galian BKT (Kanal Timur)," kata Kepala Suku Dinas Made Sudiartha kepada Tempo dan Warta Kota, Rabu (29/7) sore. Menurutnya, sejak kemarin sudah 40 jenazah yang dipindahkan atas inisiatif ahli waris.

Pemerintah menyediakan lahan relokasi di tempat pemakaman umum Kalisari, Pasar Rebo, sekitar 15 kilometer dari Pondok Kelapa. "Disediakan mobil jenazah, kain kafan, dan sebagainya," kata Made. "Pihak keluarga tidak dikenakan biaya."

Namun anggaran Rp 560 ribu per kerangka itu belum tersedia. "Akan kami turunkan secepatnya, sedang koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum," ujarnya.

Saat ini Suku Dinas Pemakaman sedang mensosialisasikan pemindahan itu ke pihak keluarga. "Kami harap mereka mau terima, karena ini demi kebaikan seluruh warga Jakarta," kata Made. Pemindahan 587 jenazah itu ditargetkan rampung sebelum akhir tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar